Pengertian Fungsi Dan Tujuan Manajemen Moneter

Perusahaan kelihatannya menerima permintaan untuk jadi investor di perusahaan yang lain. Demikian juga, perusahaan tampaknya mencari investor atau mau menginvestasikan uang mereka dalam saham atau kembali ke bisnis. Dalam hal di sini., semua keputusan penilaiannya akan diserahkan kepada manajer ekonomi yang telah melakukan penelitian tentang manajemen keuangan internal bisnis maupun calon mitra bisnis. Dari penilaian ini, bagian eksekutif manajemen ekonomi akan memberi keputusan untuk menyetujui atau menolak pernanaman modal berdasarkan rencana dan kemampuan keuangan serta kebijakan yang digunakan oleh perusahaan.

Keputusan pendanaan ini sering disebut juga sebagai kebijakan struktur modal. Pada keputusan ini manajer keuangan dituntut untuk mempertimbangkan dan menganalisis kombinasi dari sumber-sumber nilai yang ekonomis bagi perusahaan guna membelanjai kebutuhan-kebutuhan pernanaman modal serta kegiatan usahanya. internal keuangan memiliki kepentingan dalam bagaimana menciptakan dan mempertahankan nilai ekonomi suatu perusahaan. Akibatnya, semua keputusan disyaratkan selalu fokus pada penciptaan kesejahteraan karyawan mereka. Oleh karena itu pada intinya, manajemen keuangan adalah praktik yang rutin dan penting dalam kawasan bisnis.

Sebab itu, seorang manajer keuangan harus mampu mengetahui segala aktivitas internal keuangan, khususnya penganalisisan sumber dana dan penggunaan-nya tuk merealisasikan keuntungan maksimum bagi perusahaan tersebut. Seorang manajer keuangan harus memahami arus peredaran uang baik eksternal maupun internal.

Pengertian manajemen keuangan cukup bermacam sesuai dengan pihak yang menafsirkan. Menurut Prof. Doctor. Bambang Riyanto manajemen keuangan adalah “ semua kegiatan perusahaan yang bersangkutan melalui usaha mendapatkan dana yang dibutuhkan oleh perusahaan serta usaha untuk menggunakan credit tersebut seefisien mungkin”. Untuk aspek manajemen pengertian ini berarti manajemen keuangan menyangkut kegiatan perencanaan, analisis lalu pengendalian kegiatan keuangan perusahaan. Jika Anda bergabung dengan pemilik saham dan buyer, tentu Anda perlu memaksimalkan kekayaan agar pembagian nafkah bisa lebih maksimal.

Tentu, inilah yang menjadi tujuan utama dari manajemen keuangan yakni mengatur keuangan agar dapat mencetak uang yg bernilai tinggi. Jika perusahaan dapat memaksimalkan fungsinya, gak menutup kemungkinan mereka dapat meraup keuntungan yang lebih besar pula dari bisnisnya. Keseluruhan memang perlu ditata agar setiap pemasukan dan pengeluaran jelas tanpa adanya keraguan. Jadi, jika sewaktu-waktu perusahaan mengalami kerugian, perusahaan dapat menanggulanginya dengan kas perusahaan yang disimpan.

Dengan membuat anggaran kas dalam juga menjadi aktivitas pada manajemen keuangan tersebut hingga manajer keuangan bisa mempersiapkan belanja perusahaa dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Jika terjadi rugi / penurunan modal maka perusahaan bisa mencari dana tambahan, sebaliknya bisa perusahaa naik modalnya maka perusahan sanggup menginvestasikan sebagian modal / menggunakannya untuk operasional perusahaan.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>